Pada tutorial 01 telah diberikan contoh program
untuk merepresentasikan model obyek segiempat 2D. OpenGL memiliki
beberapa komponen dasar untuk merepresentasikan suatu obyek. Komponen
dasar tersebut, disebut sebagai OpenGL Geometric primitives. Gambar 2
menggambarkan semua OpenGL Geometric primitives yang tersedia.
Setiap obyek harus dimodelkan sebagai kombinasi dari
komponen-komponen dasar tersebut. Sebagai contoh, obyek segiempat pada
tutorial 01 tersebut dimodelkan dengan menggunakan komponen dasar
GL_POLYGON. Obyek tersebut dapat pula dimodelkan dengan komponen dasar
GL_TRIANGLES atau pun GL_QUAD.
Secara umum perintah-perintah dalam OpenGL memenuhi aturan sebagai berikut:
Dalam OpenGL, menggambar geometric primitives selalu dilakukan di antara fungsi
glBegin(PRIMITIVES)
// Fungsi Menggambar Primitives di sini
glEnd()
Setiap OpenGL geometric primitive dispesifikasi oleh
urutan vertex-vertex-nya dalam bentuk urutan koordinat homogenous.
Koordinat homogenous adalah koordinat dalam bentuk ( x, y, z, w ).
Setiap primitive memiliki standar tentang bagaimana vertex-vertex
diorganisasikan.
resource di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar