Tujuan dari bagian ini adalah untuk membuat OpenGL-based window.
Ada banyak cara untuk membuat dan memperlihatkan suatu window dalam
berbagai sistem window. Salah satunya adalah dengan menggunakan OpenGL
Utility Toolkit. OpenGL UtilityToolkit (GLUT) menyediakan banyak fungsi
yang dapat membuat window dengan cara yang independen terhadap sistem
operasinya. Hal ini berarti program yang dibuat dengan GLUT dapat
beroperasi pada sistem windowing yang berbeda tanpa merubah code secara
manual.
GLUT adalah API (Application Programming Interface) dengan binding
ANSI C untuk penulisan Sistem Windows program OpenGL. GLUT adalah buatan
Mark J. Killgard, ketika bekerja di Silicon Graphics Inc. Walaupun
dirancang untuk digunakan bersama-sama dengan kode openGL, GLUT dapat
digunakan dengan atau tanpa OpenGL. Toolkit ini mendukung fungsionalitas
sebagai berikut:
- Multiple windows untuk rendering OpenGL.
- Callback driven event processing.
- Sophisticated input devices.
- An “idle” routine and timers.
- A simple, cascading pop-up menu facility.
- Utility routines to generate various solid and wire frame objects.
- Support for bitmap and stroke fonts.
- Miscellaneous window management functions, including managing overlays.
Walaupun secara fungsional mungkin jauh tertinggal dari multiplatform window system yang lain seperti Qt, namun kesederhanaan penggunaan serta hubungannya dengan API grafika komputer OpenGL membuat glut masih banyak digunakan terutama sebagai alat bantu pendidikan Grafika Komputer.
Struktur dari aplikasi berbasis GLUT akan terdiri atas beberapa langkah berikut, yaitu:
- Menetapkan konfigurasi windows, dan membuka windows
- Inisialisasi status OpenGL
- Registrasi callback functions (jika dibutuhkan)
- Render
- Resize
- Input
- Timer
- Idle
- Enter event processing loop.
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar