My Flash

Minggu, 29 April 2012

Virtual Local Area Network (VLAN)

TASK 3 VLAN ==> Download
PENGERTIAN
VLAN merupakan suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN , hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel dimana dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen, tanpa bergantung pada lokasi workstation seperti pada gambar dibawah ini
Gambar Jaringan VLAN

Kamis, 26 April 2012

Urutan Transformasi

Transformasi dapat dilakukan pada level vertex, level surface, maupun level obyek bergantung dimana transformasi diletakkan dalam program. Operasi transformasi merupakan operasi yang tidak bersifat komutatif, artinya, urutan transformasi juga sangat berpengaruh pada hasilnya. Gambar 7 di bawah ini memberi ilustrasi akibat urutan transformasi yang berbeda, yaitu hasil operasi “rotasi kemudian di translasi” berbeda dengan operasi “translasi baru dirotasi”.

Rabu, 11 April 2012

Modeling & Transformasi Proyeksi

Secara substansi, Grafika Komputer adalah proses transformasi dari model 3D obyek berupa informasi geometri bentuk, informasi pose, warna, texture, dan pencahayaan menjadi citra 2D
Gambar 3. Grafika Komputer: Transformasi dari Model 3D Obyek menjadi Citra

Jika dilihat secara analogi, hal di atas mirip dengan cara kerja kamera dalam mengambil foto dalam bidang fotografi. Model ini disebut model sintesis kamera

Callback Reshape

Ambil Program 01 yang menggambar bujur sangkat sebagai dasar. Jika kita drag ujung windows sehingga window tidak lagi berupa bujursangkar, bujursangkar-nya juga berubah bentuk. Gambar berikut mengilustrasikan situasinya.

OpenGL Primitives, Drawing 2D Object

GLUT Initialization

Tujuan dari bagian ini adalah untuk membuat OpenGL-based window. Ada banyak cara untuk membuat dan memperlihatkan suatu window dalam berbagai sistem window. Salah satunya adalah dengan menggunakan OpenGL  Utility Toolkit. OpenGL UtilityToolkit (GLUT) menyediakan banyak fungsi yang dapat membuat window dengan cara yang independen terhadap sistem operasinya. Hal ini berarti program yang dibuat dengan GLUT dapat beroperasi pada sistem windowing yang berbeda tanpa merubah code secara manual.
GLUT adalah API (Application Programming Interface) dengan binding ANSI C untuk penulisan Sistem Windows program OpenGL. GLUT adalah buatan Mark J. Killgard, ketika bekerja di Silicon Graphics Inc. Walaupun dirancang untuk digunakan bersama-sama dengan kode openGL, GLUT dapat digunakan dengan atau tanpa OpenGL. Toolkit ini mendukung fungsionalitas sebagai berikut: